Capaian Pembelajaran Pendidikan Profesi Dietisien
- Mampu mengembangkan dan mengukur pengaruh dari pelayanan dan praktek kegizian
- Mampu mengembangkan dan mengukur pengaruh dari pelayanan dan praktek kegizian
- Mampu melakukan asuhan gizi (Nutritional Care Process) dan menggunakan bahasa gizi terstandar untuk berbagai setting (individu, kelompok dan populasi dengan usia dan status kesehatan bervariasi dalam kasus komplikasi maupun non komplikasi)
- Mampu mengembangkan dan menerapkan rencana pemberian makanan peralihan
- Mampu melakukan monitoring dan evaluasi asupan zat gizi parenteral sesuai dengan kebutuhan gizi klien
- Mampu mengkoordinasikan kegiatan pelayanan gizi diantara pemberi pelayanan
- Mampu melakukan komponen pelayanan gizi dalam forum diskusi tim medis untuk tindakan dan rencana rawat jalan pasien dalam pelayanan konseling, edukasi gizi, dan dietetic
- Mampu merujuk pasien/ klien kepada profesional dietisien atau disiplin lain bila diluar kemampuan/kewenangan
- Mampu merujuk klien kepada tenaga kesehatan dan instansi pelayanan kesehatan lain yang lebih sesuai dengan kesehatan umum dan gizi
- Mampu melakukan praktek kegizian sesuai dengan nilai-nilai dan Kode Etik Profesi Gizi
- Mampu berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan profesi
- Mampu berpartisipasi dalam penetapan biaya praktek pelayanan kegizian
- Mampu mengawasi penerjemahan kebutuhan gizi menjadi menu makanan untuk kelompok sasaran
- Mampu mengawasi rancangan menu sesuai dengan kebutuhan dan status kesehatan klien
- Mampu mengawasi penerjemahan menu serta pengembangan dan/atau modifikasi resep/formula sesuai kebutuhan gizi dan status kesehatan kelompok sasaran
- Mampu memformulasikan, menerapkan dan mengevaluasi standar makanan enteral untuk memenuhi kebutuhan gizi klien
- Mampu berpartisipasi dalam perubahan organisasi, perencanaan dan proses penetapan tujuan
- Mampu menyiapkan dan menganalisis data kualitas, keuangan atau produktivitas dan mengembangkan rencana untuk intervensi
- Mampu merencanakan dan mengelola penilaian cita rasa (organoleptik) makanan dan produk gizi
- Mampu mengawasi sistem pengadaan, distribusi dan pelayanan makanan
- Mampu melakukan fungsi manajemen yang terkait dengan keselamatan, keamanan dan sanitasi yang mempengaruhi karyawan, pelanggan, pasien, fasilitas dan makanan
- Mampu mengembangkan rencana bisnis untuk program, produk atau layanan, termasuk pengembangan anggaran, kebutuhan staf, persyaratan fasilitas, perlengkapan dan persediaan, secara mandiri
- Mampu berpartisipasi dalam pendayagunaan sumber daya manusia
- Mampu berpartisipasi dalam perencanaan dan pengelolaan sarana fisik
- Mampu Menginterpretasikan dan memadukan pengetahuan ilmiah terbaru dalam praktek kegizian (evidence-based practice)
- Mengakses data, sumber pustaka, bahan pendidikan untuk pasien, data komsumen dan informasi lainnya dari sumber yang kredible
- Mampu melakukan pengkajian diri dan berpartisipasi dalam pengembangan profesi serta pendidikan terkait gizi sepanjang hayat
- Mampu merencanakan, mengelola pendidikan gizi, konseling, pelatihan dan/atau intervensi gizi lain dalam promosi kesehatan, pencegahan dan terapi gizi untuk individu, kelompok dan masyarakat, dengan menggunakan materi dan media yang sesuai
- Mampu melakukan riset bidang gizi untuk meningkatkan profesionalisme dan mendukung proses pengambilan keputusan
- Mampu berkomunikasi efektif dalam pelayanan konseling, edukasi gizi, dan dietetik untuk penanganan masalah gizi individu, kelompok, dan masyarakat untuk membantu perubahan perilaku
- Mampu mengembangkan dan mengukur pengaruh dari pelayanan dan praktek kegizian
- Mampu melakukan pelayanan gizi sesuai dengan daur kehidupan manusia pada berbagai kelompok masyarakat berdasarkan budaya, agama dan kepercayaan
- Mampu berpartisipasi dalam pengembangan dan evaluasi program pangan dan gizi masyarakat
- Mampu merencanakan dan mengelola pangan dan program gizi masyarakat
- Mampu merencanakan dan mengelola perbaikan mutu pelayanan gizi dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan
- Mampu berpartisipasi dalam perubahan organisasi, perencanaan dan proses penetapan tujuan