Kunjungan Mahasiswa Prodi Diploma Tiga Gizi ke Kelompok Tani Wilayah Kota Yogyakarta



04 May 2024




Mahasiswa Prodi Diploma Tiga Gizi, Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes  Yogyakarta melaksanakan  kunjungan praktik Kuliah Bina Gizi Masyarakat  ke kelompok tani di wilayah Kota Yogyakarta. Kunjungan tersebut bertujuan mempelajari implementasi program optimalisasi lahan perkarangan horti (Kawasan Rumah Pangan Lestari) sebagai sarana penganekaragaman pangan rumah tangga. Pelaksanaan kegiatan kunjungan dibagi menjadi 2 hari. Hari pertama yaitu untuk kelas D3 Gizi A dan hari kedua untuk D3 Gizi B.

Kamis, 2 Mei 2024, mahasiswa D3 Gizi A melakukan kunjungan ke kelompok tani Gemah Ripah yang terletak di daerah Kelurahan Bausasran, Kecamatan Danurejan , Kota Yogyakarta. Kunjungan ini diikuti sebanyak 57 mahasiswa dengan 2 pendamping.Salah satu sayuran organik yang dikembangkan di kelompok tani Gemah Ripah yaitu bayam Brazil. Hasil panen bayam brazil kemudian diolah dan dikemas menarik seperti dibuat menjadi jus, stik, dan basreng. Kelompok tani gemah ripah juga membudidayakan ikan lele dengan metode budikdamber (budidaya ikan dalam ember yang mana hasilnya diolah menjadi produk frozen (ikan lele berbumbu).

Jumat, 3 Mei 2024, mahasiswa D3 Gizi B melakukan kunjungan ke kelompok tani Winongo Asri yang berlokasi di Patangpuluhan,  Wirobrajan. Kunjungan ini diikuti sebanyak 53 mahasiswadan 2 pendamping. Kelompok tani Winongo Asri menanam aneka sayuran  organik seperti kangkung, terong, selada, tomat, bayam, hijau maupun merah, kacang panjang, sawi dan cabai. Kelompok Tani Winongo Asri.Kelompok Tani Winongo Asri juga membudidayakan singkong dan ubi jalar. Hasil panen dari kampung sayur tidak hanya dimanfaatkan untuk konsumsi kelompok, tetapi juga dijual kepada warga sekitar yang ingin membeli sayur.

 

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan agar mahasiswa mendapat gambaran terkait penggunaan lahan dan pengembangan perkarangan untuk pangan.