SCIENTIFIC DIALOG 2023 HMPS D3 GIZI 2022/2023



18 Aug 2023




Sabtu Pon, 5 Agustus 2023, Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma Tiga Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta telah menyelenggarakan kegiatan Scientific Dialog 2023 dengan Universiti Sultan Zainal Abidin Malaysia dengan tema yang diangkat yaitu “Addressing Nutritional Problem by Improving Food Securitry”. Acara ini diselenggarakan dengan metode Daring melalui Zoom Meeting dengan dihadiri oleh Bapak dan Ibu Jajaran Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Dosen jurusan Gizi dan para delegasi dari BLM, BEM, HMJ Gizi dan HMPS Str Gizi.

Scientific Dialog 2023 ini diselenggarakan dengan membahas mengenai cara mengatasi permasalahan gizi melalui ketahanan pangan. Ketahanan pangan merupakan terjemahan dari food security, secara luas diartikan sebagai terjaminnya akses pangan bagi setiap individu untuk memenuhi kebutuhan pangannya agar dapat hidup sehat dan beraktivitas. Ketahanan pangan terwujud apabila secara umum telah terpenuhi dengan dua aspek sekaligus. Pertama adalah dengan tersedianya pangan yang cukup dan merata untuk seluruh penduduk. Kedua,setiap penduduk mempunyai akses fisik dan ekonomi terhadap pangan untuk memenuhi kecukupan gizi guna menjalanani kehidupan yang sehat dan produktif dari hari ke hari.

Penyampaian materi yang diberikan pada acara Scientific Dialog ini terdiri atas 5 pemateri terbaik yang telah dipilih, Pemateri pertama yaitu Khoo Suk Sin dari Universiti Sultan Zainal Abidin Malaysia dengan topik yang disampaikan yaitu “Reducing Stunting Prevalence by Improving Food Security Through Nutrition Promotion”. Pemateri kedua yaitu Thysa Apiolita dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan topik yang disampikan yaitu “Reducing Stunting Prevalence by Improving Food Security Through Nutrition Promotion”. Pemateri ketiga yaitu Diyah Anggraini S.Tr. Gz dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan topik yang disampikan yaitu “Association Between Food Security And Well-Being Older Adult”. Pemateri keempat yaitu Thevatharsna Arumugam dari Universiti Sultan Zainal Abidin Malaysia dengan topik yang disampaikan yaitu “Strategies Improving Food Security to Prevent Non- Communicable Disease” dan Pemateri Terkahir Az Zahra Nur Ainiyyah dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan topik yang disampikan yaitu “Strategies Improving Food Security to Prevent Non- Communicable Disease”. Acara Scientific Dialog ini diadakan agar dapat memberikan pengetahuan pada para peserta kegiatan akan cara mengatasi permasalahan gizi yang terjadi dengan meningkatkan ketahanan pangan pada setiap individu.