PEMIRA HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI DIII GIZI PERIODE 2023/2024



06 Dec 2023




Kegiatan Serangkaian Pemilu Raya ini merupakan kegiatan yang wajib diselenggarakan oleh seluruh organisasi mahasiswa di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Gizi melaksanakan kegiatan ini mulai dari Minggu Kliwon, 27 Agustus – Kamis Pon, 19 Oktober 2023 dengan metode Hybrid. Serangkaian Pemilu Raya ini diawali dengan adanya kegiatan pendaftaran anggota (open recruitment) dan sosialisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Gizi dari hari Minggu Kliwon, 27 Agustus sampai dengan hari Jum’at Kliwon, 1 September 2023. Sistem sosialisasi dilaksanakan secara daring melalui Google Meet, sedangkan pendaftaran dilakukan secara online melalui Google Form.

Penutupan pendaftaran dilakukan pada Jum’at Kliwon, 1 September 2023 pukul 23.59 WIB sesuai batas waktu yang telah diberikan. Dari adanya pendaftaran anggota baru ini, didapatkan jumlah pendaftar sebanyak 22 peserta yaitu 1 peserta berasal dari Kelas Diploma III Gizi  B Tingkat 2, 12 peserta berasal dari Kelas Diploma III Gizi A Tingkat 1, dan 9 peserta berasal dari Kelas Diploma III Gizi B Tingkat 1. Selanjutnya, seluruh pendaftar dijadwalkan mengikuti seleksi wawancara pada keesokan harinya pada Sabtu Legi, 2 September 2023 di RAPS 1 dan RAPS 2.

Hari berikutnya, seluruh panitia melakukan diskusi untuk menentukan anggota baru yang akan direkrut menjadi bagian dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Gizi. Sesuai dengan target, panitia merekrut 10 orang anggota baru dengan rincian 6 anggota baru dari Kelas Diploma III Gizi A Tingkat 1 atas nama Desri Tiyaseng Budi, Efrysa Ekka Rohmah, Rena Lorian, Cintya Ayu Melisa, Savina Desviasari, dan Asma Ayu Rahmania, serta 4 anggota baru dari Kelas Diploma III Gizi B Tingkat 1 atas nama Aulia Azzahra, Adesti Anggriani, Elsa Nadia Dyah P, dan Shahnaz Dwi R. Pengumuman hasil wawancara tersebut diumumkan melalui media sosial Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Gizi dan seluruh panitia. 

Tahapan setelah diumumkannya Anggota Baru Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Gizi Periode 2023/2024 yaitu pengkaderan, tes penetapan calon ketua dan wakil ketua, pembagian nomor urut pasangan calon ketua dan wakil ketua, serta seleksi berkas dalam rentang waktu mulai dari hari Senin Pon, 9 Oktober sampai hari Rabu Kliwon, 11 Oktober 2023. Dari adanya seleksi tersebut, didapatkan dua Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Gizi Periode 2023/2024 yaitu pasangan calon nomor urut 01 atas nama Halida Fatih Rizqia dan Rena Lorian, serta pasangan calon nomor urut 02 atas nama Pramuditya Diah Ambarwati dan Adesti Anggriani.

Masing-masing Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Gizi Periode 2023/2024 dipersilahkan melakukan kampanye selama tiga hari mulai dari hari Jum’at Pahing, 13 Oktober hingga hari Minggu Wage, 15 Oktober 2023. Kedua pasangan calon diminta untuk membuat video berupa pemaparan visi misi dan video promosi. Metode kampanye yang digunakan yaitu daring (dalam jaringan) menggunakan media sosial Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Gizi. 

Hari berikutnya yaitu hari Senin Kliwon, 16 Oktober 2023 dilaksanakan Debat Calon Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Gizi Periode 2023/2024 pada pukul 07.00 – 15.00 WIB bertempat di Gedung Perpustakaan Lantai 4. Untuk mempersingkat waktu, kegiatan ini dilaksanakan dengan berkolaborasi bersama Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi dan Himpunan Mahasiswa Program Studi Sarjan Terapan Gizi dan Dietetika.

 

Kegiatan Serangkaian Pemilu Raya Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Gizi ini diakhiri dengan adanya serah terima jabatan. Setelah debat dilaksanakan, seluruh kegiatan kampanye harus dihentikan karena adanya hari tenang yaitu pada hari Selasa Legi, 17 Oktober 2023. Kemudian, kegiatan dilanjukan kembali pada hari Rabu Pahing, 18 Oktober 2023 dengan adanya pemilihan pasangan calon, dan perhitungan suara, serta pada hari Kamis Pon, 19 Oktober 2023 yaitu pengumuman hasil pemungutan suara dan serah terima jabatan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tiga ormawa di Jurusan Gizi yaitu Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi, Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Gizi, dan Himpunan Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika. Hasil dari Perhitungan Suara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Gizi yaitu pasangan calon nomor urut 01 atas nama Halida Fatih Rizqia dan Rena Lorian unggul dengan rincian sebagai berikut, dari 238 suara, pasangan calon nomor urut 01 mendapat 58,8% dengan 140 suara, sedangkan pasangan calon nomor urut 02 atas nama Pramuditya Diah Ambarwati dan Adesti Anggriani mendapat 41,2% dengan 98 suara. Selanjutnya, Pasangan Ketua dan Wakil Ketua Baru Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Gizi Periode 2023/2024 melaksanakan serah terima jabatan dengan menandatangani berita acara.