Kajian Keagamaan Himpunan Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika serta Pendidikan Profesi Dietisien Tahun 2023 “Remaja Muslim Milenial Anti Galau”



24 Nov 2023




Kegiatan Kajian Keagamaan dengan tema “Remaja Muslim Milenial Anti Galau” dilaksanakan pada hari Sabtu Legi, 15 April 2023 di Ruang Garuda 3 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Sebelum kegiatan berlangsung peserta dipersilakan untuk melakukan registrasi pada pukul 07.41 – 08.20 WIB. Selanjutnya kegiatan Kajian Keagamaan dibuka oleh Master of Ceremony yaitu Saudari Nadifah Audina pada pukul 08.20 WIB, dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Saudara Muhammad Khairul Dianis Noor.

Sebelum memasuki acara inti, acara diawali dengan laporan kegiatan dari ketua panitia oleh Saudari Indri Ardelia. Dalam laporan kegiatan tersebut, ketua panitia menyampaikan tujuan kegiatan kajian keagamaan, harapan yang diperoleh melalui kegiatan ini, serta jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan kajian keagamaan via Zoom Meeting Room. Setelah penyampaian laporan ketua panitia, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Weni Kurdanti, S.SiT., M.Kes selaku Sekretaris Jurusan Gizi yang mewakili Ketua Jurusan Gizi karena berhalangan untuk hadir dalam acara ini.

Memasuki acara inti, yaitu penyampaian materi oleh beberapa narasumber. Namun sebelum itu, Master of Ceremony membacakan Curriculum Vitae moderator terlebih dahulu, yaitu Saudari Aretha Dhiah Nareswari dan menyerahkan acara kepada moderator terlebih dahulu sebagai petugas yang berperan dalam memandu jalannya penyampaian materi oleh narasumber. Penyampaian materi 1 dibawakan oleh narasumber 1 yaitu Ustad Maulana Umar, S.H., M.H dengan materi mengenai “Tingkatkan Ketakwaan Remaja Muslim di Era Digitalisasi”. Pada penyampaian materi 1 ini, materi diawali dengan pembacaan Curriculum Vitae narasumber oleh moderator dan diakhiri dengan sesi tanya jawab selama 15 menit oleh Ustad Maulana Umar, S.H., M.H yang dipandu oleh moderator. Selanjutnya, penyampaian materi 2 dibawakan oleh narasumber 2, yaitu Ustad Ahmad Suhail Al- Anshory, M.Ed dengan materi mengenai “Wujudkan Remaja Hitz yang Berpegang Teguh pada Al-Qu’ran”. Pada penyampaian materi 2 ini, materi diawali dengan pembacaan Curriculum Vitae narasumber oleh moderator dan diakhiri dengan sesi tanya jawab selama 18 menit oleh Ustad Ahmad Suhail Al- Anshory, M.Ed yang dipandu oleh moderator.

Setelah sesi pemaparan materi dan sesi tanya jawab berakhir, acara diambil alih oleh Master of Ceremony yang kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Para peserta diarahkan untuk mengaktifkan kamera, lalu Sie Dekorasi dan Dokumentasi mengambil gambar melalui tangkapan layar Zoom Meeting Room. Acara yang terakhir adalah penutup dan pengisian link evaluasi oleh para peserta kegiatan Kajian Keagamaan.

“Semoga kegiatan Kajian Keagamaan ini dapat menjadi sarana peserta, khususnya anak muda (milenial) untuk meningkatkan iman dan ketaqwaannya kepada Allah SWT, mengingatkan kita untuk selalu mensyukuri rahmatNya serta memberikan motivasi agar kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi sesuai dengan nilai-nilai Islam yang diajarkan. Harapan untuk kedepannya, semoga di tahun selanjutnya kegiatan Kajian Keagamaan ini dapat dilaksanakan kembali dengan lancar dan lebih baik dari hari ini serta dapat menarik minat dan antusiasme lebih banyak peserta lagi”, tutur Ketua Acara Kajian Keagamaan 2023, Saudari Indri Ardelia.