GIMAPALA (GIZI MENGABDI PEDULI LANSIA) HMPS Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika serta Profesi Dietisien



28 Nov 2023




GIMAPALA (Gizi Mengabdi Peduli Lansia) merupakan sebuah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang menjadi bagian dari program kerja Himpunan Mahasiswa Progam Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika serta Pendidikan Profesi Dietisien. Dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan untuk mendukung visi Program Studi Profesi Dietisien yang menitikberatkan pada peningkatan derajat kesehatan lanjut usia (lansia). Tema dari kegiatan ini, yaitu “Gizi Beraksi, tanggulangi Penyakit Kronis pada Lansia”. Diabetes melitus dan hipertensi merupakan permasalahan yang menjadi fokus utama pada kegiatan kali ini. Kegiatan ini bekerjasama dengan kegiatan Prolanis Puskesmas Gamping 1 yang bertempat di Puskesmas Gamping 1 Jalan Delingsari, Ambarketawang, Gamping, Sleman.

Pelaksanaan GIMAPALA (Gizi Mengabdi Peduli Lansia) dihadiri oleh 47 peserta yang terdiri dari 42 lansia dan 5 relawan dari mahasiwa profesi Dietisien. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu Pon, 21 Juni 2023 sampai Senin pon, 31 Juli 2023 dan dilakukan dengan dua metode, yaitu luring dan daring. Adapun kegiatan luring dimulai pada pukul 06.30 – 11.00 WIB yang diawali dengan senam lansia. Kegiatan senam memang sudah menjadi agenda rutin dari kegiatan Prolanis di Puskesmas gamping 1. Setelah senam, kemudian dilanjut dengan sambutan dari ketua acara yaitu Iis Sulastri yang merupakan mahasiswa Profesi Dietisien dan dilanjut dengan sambutan dari Puskesmas yang disampaikan oleh Dr. Dewi. Setelah penyampaian sambutan, memasuki kegiatan inti yaitu penyuluhan terkait diabetes melitus yang disampaikan oleh Bu Lilik Isdiana selaku narasumber pada kegiatan ini. Kegiatan terakhir yaitu pos lansia yang terdiri dari skrining status gizi melalui pemeriksaan antropometri, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah dan diakhiri dengan kegiatan konseling gizi pada semua peserta lansia. 

 

Sedangkan kegiatan daring melalui akun Instagram dengan nama Nutri_Elderly. Kegiatan ini berjalan selama 1 bulan yaitu dimulai pda tanggal 1 Juli 2023 dengan menyajikan materi terkait kebutuhan gizi pada lansia terutama bagi penderita diabetes melitus dan hipertensi. Kegiatan GIMAPALA (Gizi Mengabdi Peduli Lansia) ini diterima dengan baik dengan antusias yang tinggi oleh para peserta. Harapannya, kegiatan ini dapat terus berlanjut dan dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu meminimalisir jumlah penderita diabetes melitus dan hipertensi terutama pada lansia.