Fruit Fever Contest HMPS STr Gizi serta Profesi Dietisien 2023 Another Fruits, Another Goodness, Avoiding NCD



24 Nov 2023




Himpunan Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika serta Pendidikan Profesi Dietisien Poltekkes Kemenkes Yogyakarta mengadakan kegiatan Fruits Fever Contest dengan mengusung tema “Another Fruits, Another Goodness, Avoiding NCD” Tujuan acara ini adalah mengambangkan minat dan bakat pelajar dan mahasiswa terkhususmahasiswa gizi di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dalam bidang penyajian. Dengan kegiatan Fruits Fever Contest ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi pelajar dan mahasiswa untuk meningkatkan kreativitasnya.

Fruit Fever Contest diselenggarakan karena tingginya PTM (Penyakit Tidak Menular) sebagai salah satu masalah kesehatan masyarakat karena tingkat morbiditas dan mortalitas yang tinggi secara global, merupakan jenis penyakit yang tak bisa ditularkan oleh penderita ke orang lain, jenis penyakit ini berkembang secara perlahan dan terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Masalah kesehatan masyarakat yang dihadapi saat ini adalah makin meningkatnya kasus PTM. Penyebab kematian utama penduduk semua golongan umur pada saat ini disebabkan oleh PTM secara berurutan yaitu stroke, hipertensi, diabetes mellitus, tumor ganas/kanker, penyakit jantung dan pernafasan kronik. Oleh karena itu kegiatan ini dilaksanakan untuk sarana promosi kesehatan dan peningkatan kesadaran masyarakat tentang konsumsi buah-buahan yang tidak kalah penting dari makanan pokok, lauk pauk maupun sayur-sayuran untuk menjaga keseimbangan zat gizi dalam tubuh sehingga mencegah berbagai penyakit tidak menular.

Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2023 sampai 31 Agustus 2023. Kegiatan Fruits Fever Contest ini dibagi menjadi dua perlombaan yaitu Fruits Your Day Reels Contest dan Fruits Dessert Photo Contest akan dilaksanakan dari Senin Wage – Kamis Wage, 17 Juli 2023 – 31 Agustus 2023. Peserta terdiri dari 25 orang yang terbagi dalam dua lomba. Serta penjurian Kegiatan Fruits Fever Contest dilakukan oleh beberapa dosen dan plp Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yaitu Bapak Susilo WIrawan SKM., MPH., Ibu Menik Kasiyati, S.ST., M.Imun., Bapak Dr. Heru Subaris Kasjono, SKM., M.Kes., serta Dina Fadhilah, STr.Gz yang menghasilkan 3 juara dari masing-masing cabang lomba.