Gizi Mengabdi “Ibu cerdas cetak generasi emas bebas stunting dan obesitas”

Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional, Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Gizi mengadakan kegiatan Gizi Mengabdi pada hari Senin, 21 Maret 2022 dengan mengusung tema Ibu cerdas cetak generasi emas bebas stunting dan obesitas”. Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan untuk kita sebagai penerus bangsa dapat memberikan pengetahuan dan informasi kepada masyarakat mengenai permasalahan stunting dan obesitas yang marak pada saat ini. Sehingga kita dapat melakukan pencegahan masalah gizi tersebut sejak dini, serta Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III bermaksud untuk meningkatkan keakraban dan saling bertukar ilmu kepada masyarakat sekitar yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam acara ini mahasiswa dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang menjadi narasumber atau pemateri. Jumlah pemateri dalam kegiatan ini ada 2 yaitu Chiquitita Lativa Deza dan Maharani Nur Arifah. Materi yang dijelaskan adalah tentang “Stunting dan Obesitas”.

Dalam penyampaian materi ini dibukalah sesi tanya jawab, untuk pertanyaan yang pertama adalah bagaimana cara menurunkan berat badan,  Jawabannya tidak dianjurkan untuk diet, atur pola makan, kurangi asupan karbohidrat, perbanyak konsumsi serat dan mengganti cemilan dengan buah. Pada pertanyaan pertama ini salah satu peserta menceritakan pengalaman menurunkan berat badan anak yang gemuk,yaiu dengan mengganti susu yang biasa dikonsumsi dengan susu rendah lemak. Pertanyaan kedua adalah apakah berat badan rendah bisa menyebabkan stunting, Jawabannya  tidak namun beresiko tinggi dibanding dengan anak lahir normal. Pertanyaan ketiga adalah vitamin apa yang sebaiknya diberikan pada anak yang susah makan, jawabannya pemateri tidak bisa menyarankan vitamin atau suplemen, namun bisa memaksimalkan proteinnya terutama protein hewani.

Dalam acara ini juga panitia menyediakan 10 gift bagi peserta yang aktif menjawab dan bertanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.