Nutriinspiration Talkshow : “Pemenuhan Gizi Keluarga Dengan Urban Farming di Rumah”

Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) ke-61, Himpunan Mahasiswa Program Studi  (HMPS) Jurusan Gizi dan Dietetika mengadakan talkshow dengan tema “Pemenuhan Gizi Keluarga dengan Urban Farming di Rumah”. Kegiatan ini diadakan secara daring pada hari Kamis Wage, 28 Januari 2021 pukul 08.00. Tujuan kegiatan talkshow ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan mengenai gizi masyarakat dan urban serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya pemenuhan gizi keluarga dengan urban farming di rumah. 

Acara Talkshow Himpunan Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB yang dipandu oleh Saudari Lisa Ratna Wijaya. Selanjutnya dilakukan pembacaan doa yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Acara dimulai dengan laporan ketua panitia oleh saudari Luluk Nurroyan. Kemudian dilanjut dengan sambutan Wakil Direktur I oleh Ibu Heni Puji Wahyuningsih, S.SiT.,M.Keb.

Narasumber  pertama yaitu ibu Almira Sitasari, S.Gz, MPH, RD. Beliau adalah dosen di  Jurusan Gizi Polkesyo. Materi yang dipaparkan oleh beliau yaitu   “Gizi Keluarga dan Manfaat Herbal Untuk Sistem Imun”.Di dalam tubuh kita sudah tersedia sistem imun untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Tapi walaupun sudah ada pertahanannya kita tetap harus menjaga pola makan yang sesuai dengan kebutuhan gizi kita masing-masing dengan memperhatikan kandungan gizi setiap makanan yang akan dikonsumsi, dan juga melakukan aktivitas yag bermanfaat seperti berolahraga dan melakukan pekerjaan rumah.

Narasumber yang kedua  yaitu ibu Sita Pujianto (urban gardener & urban farming leaner), Belia u menyampaikan materi tentang “Penerapan Urban farming di Rumah”. Penanaman atau urban farming dirumah sangatlah ada hubungannya untuk pemenuhan gizi, khususnya dalam lingkup keluarga. Karena kita bisa mendapatkan bahan makanan seperti sayuran yang jauh lebih sehat dan segar daripada yang kita beli di pasar atau supermarket. Dan juga lebih bisa menghemat pengeluaran untuk belanja. Kita bisa menanam sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita sendiri. Tapi jangan lupa menerapkan urban farming dengan edukasi yang tepat agar menghasilkan panen yg memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *