Seminar Nasional Gizi 2020 oleh HMJ Gizi Polkesyo

Kegiatan Seminar Nasional Gizi 2020 “Peran Gizi dalam Pengendalian Faktor Resiko Diabetes Mellitus dan Dislipidemia pada Era Adaptasi Kebiasaan Baru ini dilaksanakan pada Selasa Pahing, 13 Oktober 2020. Kegiatan ini dilaksanakan secara online demi mematuhi dan melaksanakan protocol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19 yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dan para tenaga kesehatan terutama dalam bidang gizi. Acara seminar nasional ini diikuti oleh 1818 peserta, 10  tamu undangan, dan 5 delegasi dari jurusan lain, serta Mahasiswa HMJ Gizi sebagai panitia sebanyak 28 orang.

Seminar Nasional Gizi 2020 dimulai pada pukul 08.30 WIB sampai pukul 12.00 WIB. Kegiatan dimulai dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian sambutan Direktur oleh Bapak Joko Susilo, SKM, M.Kes. sekaligus membuka acara. Acara selanjutnya adalah penyerahan acara oleh MC ke moderator yaitu Ahya Nurhidayah, S. Tr. Gz. Memasuki materi yang pertama yaitu “Optimalisasi Pangan Lokal sebagai Pangan Fungsional untuk Mengendalikan Resiko Diabetes Mellitus oleh Prof. Dr. Ir. Sri Budi Wahjuningsih selaku Dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), Universitas Semarang (USM), lalu dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab untuk materi I.

Pembicara kedua oleh Isti Suryani, DCN, M.Kes selaku Dosen Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan materi “Potensi Nasi Kacang Merah sebagai Pengganti Makanan Pokok dalam Memperbaiki Profil Lipid”, lalu dilanjutkan diskusi dan tanya jawab untuk materi II sekaligus pemberian kenang-kenangan. Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi ketiga yaitu “Strategi Ahli Gizi dalam Edukasi Germas pada Masyarakat di Era Adaptasi Kebiasaan Baru” oleh Dr. Rita Ramayulis, DCN, M,Kes selaku Ahli Gizi, Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab untuk materi ketiga.

Para peserta terlihat antusias mengikuti Seminar Nasional Gizi 2020 ini dapat dilihat dari ada beberapa pertanyaan yang masuk untuk dapat didiskusikan bersama. Acara ditutup oleh MC dan melakukan foto bersama dengan cara para peserta menyalakan video dan panitia melakukan sreenshoot pada saat peserta menyalakan video. Secara keseluruhan acara ini berlangsung dengan baik dan lancar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *