Nutrition Webinar Gizi Polkesyo#1 “Gizi Optimal untuk Menyambut Era New Normal”

Pada hari Kamis tanggal 4 Juni 2020, Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta menyelenggarakan Nutrition Webinar series 1 dengan tema “Gizi Optimal untuk Menyambut Era New Normal”. Tema ini dipilih untuk mempersiapkan Era New Normal di masa Pandemi Virus Corona Covid-19 agar tetap dapat beraktivitas dengan aman dan tetap sehat. Kegiatan ini diikuti sebanyak 973 peserta dari 1026 pendaftar yang berasal dari berbagai wilayan di seluruh Indonesia bahkan ada beberapa peserta berasal dari Malaysia.

Narasumber pada Nutrition Webinar series 1 kali ini terdiri dari Dosen Jurusan Gizi Polkesyo yaitu yang pertama Dr. Slamet Iskandar, SKM, M.Kes yang menyampaikan materi Ketahanan Pangan untuk Pemenuhan Gizi Optimal Menyambut Era New Normal. Beliau menyampaikan bahwa memasuki era new normal sebetulnya kembali kepada kebiasaan kita seperti sebelum adanya pandemi covid 19, hanya saja kita diminta untuk meningkatkan kedisiplinan dalam menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, melaksanakan social distancing, serta dalam aspek ketahanan pangan di era new normal yang perlu diperhatikan seperti meningkatkan imunitas tubuh, menjaga IMT yang normal, mengonsumsi makanan yang bergizi, beragam, seimbang dan aman (B2SA), mengonsumsi suplemen secukupnya dan tidak berlebihan serta memanfaatkan pekarangan dirumah untuk tanaman pangan.

Narasumber kedua yaitu  Dosen Jurusan Gizi Polkesyo, Rini Wuri Astuti, S.SiT, M.Gizi yang menyampaikan materi Tetap Bugar di Rumah Selama Masa Pandemi. Beliau menyampaikan bahwa Virus Corona Covid 19 ini dapat dicegah dengan kebugaran dan imunitas tubuh yang baik. Cara menjaga imunitas dan kebugaran tubuh dengan konsumsi gizi seimbang dan aktivitas fisik yang cukup. Penerapan Gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) dalam kehidupan sehari-hari sangat penting terlebih saat pandemi  seperti saat ini, sehingga dibutuhkan kesadaran dari diri pribadi masing-masing.

Narasumber ketiga Venerini Ranum Classy Dewi Mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika Polkesyo. Venerini Ranum merupakan founder instagram Remaja Bisa  @sobatrebi. Topik yang disampaikan yaitu Remaja Bisa Mengolah Makanan Sehat pada Masa Pandemi Covid 19. Venerina Ranum membagikan pengalamannya selama masa karantina, seperti mengisi kegiatan sehari-hari dengan menekuni hobinya, membuka usaha online, memasakdan belajar bahasa asing. Venerina juga membagikan tips mengolah makanan yang bergizi seimbang untuk remaja.

Acara Nutrition Webinar Gizi Polkesyo ini diharapkan dapat bermanfaat dalam update serta menambah wawasan dan ilmu mengenai gizi dan kesehatan. Nutrition Webinar Gizi Polkesyo akan dilaksanakan lagi untuk sesi ke 2 dengan tema yang lebih menarik. Materi Nutrition Webinar #1 Gizi Polkesyo dapat diunduh pada link berikut https://tinyurl.com/MateriPolkesyoWebinarSeries1. Sedangkan video rekaman Nutrition Webinar #1 dapat dilihat pada channel Youtube Polkesyo Official pada link berikut https://www.youtube.com/watch?v=xKqTegJmxco

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *