Kunjungan Industri Surabaya-Malang

Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta  telah melaksanakan kegiatan kunjungan industri ke Surabaya- Malang pada tanggal 28 April sampai dengan 1 Mei 2019. Kunjungan tersebut diikuti oleh mahasiswa semester IV prodi Diploma Tiga Gizi serta mahasiswa Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika. Jumlah peserta kunjungan industri sebanyak   97 mahasiswa dan didampingi oleh 2 dosen dan 2 PLP.  Perjalanan ke Surabaya dilakukan malam hari pada tanggal 28 April 2019

Industri yang dikunjungi yaitu PT. Aerofood Aerowisata Catering Service (ACS) Surabaya dan PT Yakult Indonesia. Kunjungan industri dikedua PT tersebut dilaksanakan pada tanggal 29 April 2019.Tujuan dari kunjungan industri ini yaitu untuk menunjang pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Teknologi Pangan, Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan dan Kewirausahaan.

Aerofood ACS Surabaya merupakan anak perusahaan dari Garuda Indonesia.  Kegiatan dari perusahaan ini bergerak dalam jasa makanan (catering) penerbangan yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta pelayanan kabin dan laundry selain itu juga melayani jasa makanan (catering) untuk industri non penerbangan. PT. Aerofood ACS memiliki kantor cabang yang tersebar di wilayah Jakarta, Denpasar, Surabaya, Medan, Balikpapan, Yogyakarta, Bandung dan Lombok.  Pada kunjungan di PT Aerofood ACS Surabaya mahasiswa dapat mengetahui, mempelajari dan memahami mekanisme kerja dan kegiatan penyelenggaraan makanan.

PT Yakult Indonesia  merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi susu fermentasi dengan menggunakan bakteri L.casei Shirota. Pada kunjungan di PT Yakult, mahasiswa dapat mengetahui alur pembuatan yakult. Proses pembuatan yakult dimulai dari  pembuatan seed starter dilanjutkan proses pembuatan susu fermentasi, pembuatan sirup, proses mixing, strilisasi air pencampur, proses mixing, pengemasan (pembotolan dan pengepakan) dan distribusi.

Selasa, 30 April 2019 yaitu mengunjungi tempat wisata di Malang. Tempat wisata yang dikunjungi yaitu  Wisata Petik Apel, Eco Green Park dan Museum Angkut.  Rabu pagi peserta kunjungan industri Surabaya-Malang sudah tiba di Yogyakarata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *