• 0274 – 617679
  • poltekkes.depkes.yogya@gmail.com

KEGIATAN DESA BINAAN

KEGIATAN DESA BINAAN

POSYANDU DI PADUKUHAN MAYANGAN

Kegiatan Desa Binaan merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, keenam jurusan yang ada di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yakni jurusan Analis Kesehatan, Gizi, Kebidanan, Keperawatan , Keperawatan Gigi, serta Kesehatan Lingkungan bekerjamasa dengan Badan Eksekutif Mahasiswa melancarkan aksi masing-masing dalam  kegiatan desa binaan tersebut. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 6, 7, 13, 14, 20 , serta 21 Mei 2017. Pada hari Minggu, tanggal 14 Mei 2016 kemarin, Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes kemenkes Yogyakarta melakukan kegiatan desa binaan yang diadakan di Padukuhan Mayangan, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta.

Sasaran kegiatan desa binaan yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta adalah ibu dan anak yang ada di Padukuhan Mayangan. Kegiatan desa binaan tersebut dihadiri oleh ibu dan anak yang berasal dari masing-masing RT yang ada di Padukuhan Mayangan, kader-kader posyandu Padukuhan Mayangan serta perwakilan jurusan gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan tersebut dimulai pada pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB, dimulai dengan laporan ketua panitia, sambutan Bu Sumilah selaku ibu dukuh mayangan , dan dilanjutkan dengan sambutan Bu Puti Mustika Swandayani S.Si.T selaku perwakilan dari kemahasiswaan jurusan gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta serta dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan.

Tidak sampai disitu saja, acara dilanjutkan dengan  penyuluhan mengenai gizi bayi dan balita yang disampaikan oleh Ibu Ayu Triani, S.Si.T , warga yang hadir dalam kegiatan tersebut tampak mendengar dengan seksama materi yang disampaikan. Warga di Padukuhan Mayangan diharapkan dapat mengetahui dan memahami betapa pentingnya kesehatan dan kebutuhan gizi bagi bayi dan balita. Setelah penyuluhan mengenai gizi bayi dan balita, acara dilanjutkan dengan posyandu. Di dampingi oleh kader-kader posyandu setempat serta perwakilan kemahasiswaan jurusan gizi, mahasiswa jurusan gizi tampak sibuk menimbang berat badan serta mengukur tinggi balita. Selain itu mahasiswa jurusan gizi juga melakukan konseling terhadap ibu dari bayi dan balita.

Warga Padukuhan Mayangan khususnya ibu-ibu tampak antusias datang ke lokasi kegiatan desa binaan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Tidak hanya bayi dan balita saja yang ditimbang berat badan dan tinggi badannya, ibu dari bayi dan balita pun ikut ditimbang berat badan dan diukur tinggi badannya. Setelah melakukan rangkaian kegiatan posyandu dan konseling, bayi dan balita juga diberi PMT berupa bubur kacang hijau dan pisang.

Kegiatan desa binaan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan di Padukuhan Mayangan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat mulai dari usia dini serta dapat melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian terhadap masyarakat. Selain itu, lewat kegiatan desa binaan ini mampu mempererat hubungan kekeluargaan antara Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan masyarakat Padukuhan Mayangan.

*****

 

PENYAMPAIAN MATERI

PENIMBANGAN BALITA

KEGIATAN POSYANDU

admingizi

Leave your message