Kegiatan Monitoring Evaluasi Pasca Akreditasi Prodi D3 Gizi Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta



06 Jun 2023




Selasa  Legi, 30 Mei 2023

Kegiatan Monitoring Evaluasi pasca akreditasi pada Program Studi D3 Gizi Poltekkes Kemenkes  Yogyakarta dilaksanakan di Ruang Purwo Soedarmo, Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan monev pasca akreditasi ini dilaksanakan oleh LAMPT KES dengan Assesor Ibu DR. Susetyowati, DCN, M.Kes. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Tim Task Force Monev Pasca akreditasi Prodi D3 Gizi dan Tim Task Force Direktorat, dihadiri oleh Direktur Polkesyo dan Wakil Direktur II dan III. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB dan selesai pukul 15.00 WIB, dibuka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Bapak Dr. Iswanto, S.Pd., M.Kes, kemudian dilanjutkan dengan paparan gambaran UPPS (Unit Pengelola Program Studi) oleh Ibu Ida Mardalena, S.Kep, Ners, M.Si  mewakili Wakil Direktur I, Ibu Dr. Yuni Kusmiyati, S.ST., MPH, yang sedang ada kegiatan  tugas lain dan dilanjutkan paparan mengenai Program Studi D3 Gizi oleh Ketua Prodi D3 Gizi yaitu Bapak Susilo Wirawan, SKM, MPH.

Kegiatan monitoring evaluasi pasca akreditasi ini dilaksanakan dengan menggunakan borang akreditasi 7 standar, yaitu standar 1 sampai 7. Hasil dari kegiatan monitoring evaluasi pasca akreditasi ini menunjukkan mayoritas kegiatan sudah dilakukan monitoring dan evaluasi dan ada peningkatan.  Namun demikian ada beberapa poin yang disarankan perlu ditingkatkan dan ditindaklanjuti. Adapun secara rinci dapat dijelaskan sbb: standar 1 terkait visi misi prodi, Program studi D3 gizi dan UPPS sudah melakukan tindak lanjut dengan penjelasan yang lengkap disertai dengan bukti dokumen. Dokumen visi misi tujuan dan strategi sudah dilampirkan dalam dokumen renstra tahun 2019 - 2023. Untuk periode waktu pencapaian sudah ada dalam dokumen rencana operasional (Renop) tahun 2020, 2021 dan 2022 yang dilengkapi dengan indikator dan target indikator setiap kegiatan. Standar 2, upaya telah dilakukan oleh prodi D3 gizi dan UPPS dalam meningkatkan publikasi di jurnal bereputasi atau terakreditasi. Sudah ada bukti dokumen workshop pendampingan artikel international, dan dokumen sertifikat kepersertaan workshop dan laporan publikasi untuk prodi D3 gizi.  Standar 3, Upaya telah dilakukan oleh prodi D3 gizi dan UPPS dalam meningkatkan peran organisasi alumni. Sudah ada bukti peningkatan peran dan kapasitas mahasiswa dilengkapi dengan dokumen renop D3 gizi 2020, yaitu adanya kegiatan TOEFL like test yang dilaksanakan sebanyak 2 kali pertahun juga sudah ada kegiatan pengembangan soft skill. Sudah adanya wadah alumni di level poltekkes kemeskes yogyakarta dan di jurusan gizi dalam bidang kewirausahaan. Yaitu IAPKY untuk level poltekkes dan Nutri sinergi untuk lulusan D3 gizi, D4 gizi dan dietisien. Standar 4 upaya telah dilakukan oleh Prodi D3 gizi dan UPPS untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan melalui pendidikan dan pelatihan bagi dosen dan tenaga kependidikan. Penjelasan sudah lengkap disertai bukti adanya perencanaan dan pelaksanaan tubel bagi dosen serta bukti sertifikat mengikuti pelatihan.  Standar 5,  Upaya telah dilakukan prodi D3 gizi dan UPPS untuk memperkuat kurikulum , yaitu dengan adanya dokumen peninjauan kurikulum pada tahun 2021 yang berkaitan dengan adanya aturan dari kemenkes yaitu mendukung transformasi Kesehatan.  Standar 6, Ada 8 laboratorium utama yang dimiliki PS dan telah dilakukan upaya oleh prodi D3 gizi dan UPPS untuk meningkatkan pemanfaatan sarana dan prasarana dalam peningkatan kompetensi mahasiswa. Sudah dilengkapi dengan bukti dokumen laboratorium dan perpustakaan serta adanya laporan kegiatan nutrifest.  Standar 7, upaya telah dilakukan oleh prodi D3 gizi dan UPPS dalam meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat. sudah dilengkapi dokumen laporan pengabmas dan laporan penelitian serta RIP penelitian dosen. Ada peninngkatan anggaran penelitian dari tahun 2020, 2021 dan 2022 dari sumber dana hibah simlitabkes dan dana BLU.  

Kegiatan monitoring evaluasi pasca akreditasi berjalan lancar sampai akhir acara kemudian ditutup oleh Ketua Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

 

Setyowati, SKM, M. Kes-PJ Penjamu Jurusan Gizi